Rabu, 10 Februari 2010

Mulai Investasi Logam Mulia


Banyak pertanyaan sebelum memulai kegiatan mengalihkan investasi anda dari tabungan biasa ke tabungan logam mulia.
Bagaimana cara memulainya?
Berapakah besaran awal investasi untuk logam mulia?
Ini sekedar ilustrasi. Kalau anda punya uang tabungan tak terpakai (parkir) dalam jangka waktu 2 tahun ke atas sebesar Rp3jutaan maka anda perlu untuk memikirkan agar mengalihkan bentuk tabungannya dari tabungan rupiah biasa menjadi tabungan logam mulia karena nilainya akan lebih tinggi. Karena tabungan dalam bentuk rupiah akan rentan terkena inflasi yang besar di negara kita. Inflasi berarti penurunan nilai uang terhadap daya beli. Istilahnya orang adalah tabungan kita dirampok oleh besaran inflasi. Jadi ini cocok bangat untuk tabungan pendidikan anak-anak kita, untuk ibadah haji atau tabungan untuk membeli rumah (atau DP-nya saja) atau tanah
Harga Logam Mulia Emas 24 karat PT Antam hari ini adalah sebagai berikut :
  • 5 gram Rp 1.743.500 (Rp348.700/gram)
  • 10 gram Rp 3.461.000 (Rp346.100/gram)
  • 25 gram Rp 8.588.500 (Rp343.540/gram)
Uang parkir tersebut adalah uang yang kemungkinan besar tidak akan segera kita pakai. Lalu berapakah kita harus menyisakan cadangan tabungan kita di rekening yang mudah kita cairkan kapanpun. Ada rumusnya dari Para Praktisi Keuangan besarnya adalah 3 bulan pengeluaran rata-rata bulanan. Misalnya pengeluaran anda rata-rata sebulan adalah Rp5juta, maka tabungan cadangan anda adalah seharusnya dalam kisaran Rp15juta. Ini untuk berjaga-jaga apabila kita tiba-tiba ada keperluan mendesak. Demikian juga kalau pengeluaran Rp3juta, maka sebaiknya di tabungan anda ada Rp9juta.
Nah kalau sudah tahu berapa uang jaga-jaga kita maka kita dapat mulai menyisihkan untuk investasi, termasuk juga investasi logam mulia. Kalau di goldprice.org mereka tidak memastikan berapa idealnya jumlah kekayaan seseorang yang disimpan dalam bentuk emas. Namun mereka memberikan saran-saran yang sangat baik, good advice from goldprice.org bahwa :
  • Berapa persennya simpanan logam mulia tergantung pada keputusan dan keadaan seseorang tersebut
  • Jumlah yang konservatif adalah sebesar 10% dari kekayaan.
  • Pada keadaan ketidakpastian (huru-hara, di ambang krisis, perang dll) jumlahnya harus lebih besar dari jumlah konservatif tersebut
Selain itu di goldprice.org juga memberikan tips untuk membeli emas dalam jumlah yang kecil (kecilnya berapa ya 3, 5 apa 10 gram nih?) namun dilaksanakan secara teratur, misalnya bulanan, 3 bulanan atau 6 bulanan.

Prinsipnya adalah :
  • jangan gunakan semua tabungan anda ke dalam investasi emas
  • jangan simpan semua tabungan anda dalam bentuk tabungan rupiah saja, diversifikasikanlah ke dalam beberapa instrumen investasi

Jadi siap-siap, coba berhitung, kalau memang ada dana cadangan yang berlebih kenapa gak dicoba untuk membeli emas batangan 24 karat (99.99%). Hoho.


Disclaimer (Mohon Perhatian):

Penulis Investasi Emas telah berusaha mengumpulkan bahan, tulisan dan informasi serta analisis dari individu perorangan atau individu yang mewakili institusi di dunia maya yang dapat dipercaya dengan lengkap dan berimbang tanpa bermaksud mempengaruhi keputusan para pembaca. Tulisan ini hanyalah berisi informasi dan pengetahuan sepintas. Keputusan yang dilakukan oleh pembaca harus dilakukan sesudah mendapatkan pertimbangan dan informasi yang lain atau langsung dari pakar/konsultan profesional yang dapat dipertanggungjawabkan.

Pembaca blog ini telah mengetahui dan menyadari bahwa penulis Investasi Emas tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian dalam bentuk apapun yang diderita oleh pembaca blog karena penggunaan tulisan ini untuk pengambilan keputusan dalam investasi baik dalam investasi logam mulia, maupun investasi yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar